ALUMNI SMUN 21

FoRum WarGa Alumni Gea-eAt untuk KeAkraban, KEhangaTan dan PerSaudaRaan

GURU GURU 21 YANG DI "ANTAGONIS" KAN...

by; Pendi "Keithoy"

Seorang sahabat pernah bertanya..
“ pen.. kalo loe diminta ngurutin peringkat guru 21 paling “Killer” siapa-siapa yang loe pilih” “emang ada guru “Killer” di 21.. perasaan gw justru guru-guru nya yang milih gw paling killer hahaha…” jawab saya.
Tapi jujur pertanyaan tersebut mengusik pikiran saya..ini bukan suatu fenomena.. tapi pastinya setiap angkatan di 21 punya pengalaman untuk “meng-antagoniskan” guru – guru yang mengajar mereka pada zamannya.. Pada masa saya bukan suatu pekerjaan sulit untuk memilih 10 orang guru dari sekian banyak guru yang ada di 21. Iseng-iseng saya mencoba memeringkatkannya (buset deh ini salah satu rangkaian kata paling sulit yang pernah saya ketik…)

PERINGKAT 10 : Ibu Ronnie
Sebenarnya beliau bukan guru.. tapi nggak tahan juga tiap hari kita selalu dikejar untuk urusan uang SPP dan POMG.. cerewetnya minta ampun deh.. belom lagi uang kembalian yang selalu dibilang nggak ada… trus ujung-ujungnya diminta untuk direlain…

PERINGKAT 9 : Ibu Rita
Guru bahasa Inggris yang sensi banget.. selalu ada tugas buat kita untuk dibawa pulang.. hampir tiap masuk kelas ada aja murid yang disuruh keluar…

PERINGKAT 8 : Bapak Suratno
Hanya saat dikolam renang beliau akan tersenyum.. tapi kalo udah disekolah selalu nyari masalah dengan murid.. senyum guru olah raga yang manis ini akan terlihat jelas apabila kita sudah memperoleh surat skorsing..

PERINGKAT 7 : Ibu Dahlia
Waktu dimasa saya.. beliau ada di BP (kalo nggak salah..) tapi kalo setiap hari adanya didepan kantor dekat gerebang sekolah.. fuihh jangan harap telat terus lewat didepannya.. satu menit aja kita terlambat pastinya langsung disuruh pulang (terima kasih bu.. )
saya adalah orang yang paling senang untuk sengaja datang telat agar bisa dipulangkan hahaha..

PERINGKAT 6 : Ibu Coet Intan
Guru Bahasa Indonesia merangkap BP.. tiada murid yang tidak pernah merasa terselesaikan apabila membutuhkan bimbingan.. karena kantor BP masa saya adalah seperti markas Densus 88, setiap ada urusan yang berhubungan dengan Tata tertib nah.. interogasi intensif langsung ibu Coet lakukan.. pokoke salah deh hahaha..

PERINGKAT 5 : Bapak Franz
Kalo kita liat mukanya.. kadang-kadang sering senyum..karena lucu.. tapi jangan sekali kali bikin masalah kalo beliau lagi serius ngajar seni suara.. tangannya
yang besar dan berbulu tiba-tiba ada dipipi kita..kalo cuman sekali ini bisa berkali-kali. . bener suer..saya pernah liat sendiri koq hahaha..

PERINGKAT 4 : Ibu Elfrida
Saya tidak pernah diajar oleh beliau.. karena beliau mengajar Kimia.. tapi kalo udah ketemu di kantor guru.. itu omongannya cerewet dan pedes (cabe kali..).. padahal beliau kadang tidak tau permasalahan yang terjadi..

PERINGKAT 3 : Almh Ibu Yoesasih (Ibu Yus) Maafin pendi
yang udah gosipin ibu.. Sebenarnya beliau orang yang kalem.. terutama saat kita di perpustakaan. . tapi apabila kita diajar Bahasa Jerman oleh beliau.. susah banget ngartinya.. apabila kita punya otak minim kaya saya.. jangan harap bisa jadi ngarti.. karena pasti diabaikan olehnya.. sering kali hasil ulangan dan tugas dapet nilai 0 (yang
digambar-gambar. .), 1, 2 dan 3 (yang ditulis secara abjad hahaha..).. tapi kalo kita (Khususnya lelaki..)punya muka lumayan.. amanlah secara nilai hahaha..

PERINGKAT 2 : Ibu Tioman
Nah.. guru yang satu ini saya nggak tau ngajar apa…tapi kalo nggak salah pas ada masak memasak beliau yang ngajar.. tapi yang jelas waktu masa saya.. beliau
menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah… apabila sedang control.. selalu aja nggak ketinggalan gantungan kuncinya yang seabreg abreg banyaknya (Kaya
sipir..) tidak ada hal yang special dari beliau kecuali cerewet dan marah marahnya.. urusan baju yang dikeluarin.. rambut yang lewat kerah.. lengan seragam yang digulung.. sampe sepatu yang pakenya model diinjak kaya sandal.. hampir sebagian murid pernah
dipanggil kekantornya karena kasus tersebut.. ampun deh jangan lagi lagi.. jujur kalo saya boleh memilih..maka lebih baik ditempeleng langsung daripada dimarahi ibu Tioman 3 hari 3 malem (Bisa pecah kepala hahaha…)

PERINGKAT PERTAMA : Alm Bapak Manurung … Maafin pendi yang udah gosipin bapak..Sang Kepala Sekolah dengan logat Batak yang kental..postur tinggi besar dan bekas petinju.. (mantap nggak tuh..) sayangnya sering banget nelen mentah2 laporan
dari beberapa guru yang saya tulis diatas.. Apabila kita udah dapet surat panggilan yang diantar oleh Kasmin atau Hurri.. berarti kalo nggak Ortudipanggil.. atau surat skorsing deh turun.. (Kecuali yang dipanggil untuk urusan prestasi hahaha..)..

10 peringkat ini jelas bukan untuk sekedar melihat sisi negative dari masing masing guru yang masuk diatas.. saya yakin pastinya ada sisi positif dari beliau beliau yang telah susah payah mau mendidik dan mengajar kita.. dan peringkat ini tidak untuk
menyudutkan 10 guru tersebut.. jujur dari hati saya yang paling dalam..ini merupakan suatu kenangan yang apabila kita pahami sekarang menjadi suatu pemanis
dari masa – masa kita sekolah.. dan rekan rekan alumni yang lain pastinya juga punya urutan urutan guru guru yang di “Antagonis” kan.. itu menjadi penilaian masing
masing

Hal lain yang menjadi pemikiran saya.. apakah nanti pada saat kita reuni.. beliau beliau ini bisa kita undang untuk melihat murid murid nya sekarang yang telah mereka didik dan ajar dahulu.. atau paling tidak para alumni yang telah mapan bisa memberikan suatu
apresiasi kepada mereka.. semoga..

2 komentar

  • Bogel  
    October 10, 2008 at 4:26 AM

    Teringat dengan namanya Ibu Tioman; teringat deh Gue waktu sekolah di 21 Ips 3, dimana saat itu tidak ada guru, maka seperti biasa dikelas gaduh buanget, banyak aja yang dikerjakan.... ingat2 dulu zaman gue jamannya walkman..... jadi biasa deh anak-2 waktu itu pada punya
    sangking gaduhnya kelas... datanglah bu Tioman........ brek banting pintu.... Kenapa Kelas Ini Ribut....., sangking sepinya kelas dengan kedatangan ibu Tioman, tanpa disadari ada walkman yang hidup......, buru2 deh, dia mencari suara tersebut....., Kita sekelas Kena Hukuman....., Kenangan ini buat teman2 saya (Anggi (opa), Heri (alm), Afrizal (cepet), Vidiawanah, Supriatin, Ruslan, Bambang gendut, dll

  • Anonymous  
    November 13, 2008 at 1:12 AM

    kenangan dengan bu tioman yg paling tidak pernah saya lupakan ketika itu karena saya memakai sepatu kets warna putih (waktu itu semua murid diwajibkan memakai sepatu warna hitam)saya dan 3 orang teman saya (2 cewek)dihukum tidak boleh mengikuti pelajarannya (tata busana) dan diwajibkan membersihkan toilet....

Post a Comment